Senin, 12 November 2012

Pernikahan di Usia Dini

Dalam trendseter kehidupan sekarang ini mungkin lebih sering disebut “Kawin Muda”.Sampai saat ini masih banyak kontroversi tentang pernikahan usia dini di Negara kita, karena banyak sekali pandangan dan dampak yang lebih mengarah kenegatifan meskipun tidak memungkiri adanya dampak positif.

Berdasarkan fakta, sebagian besar pernikahan usia dini di Negara kita terjadi pada rermaja yang usianya berkisar rata-rata 17 tahun keatas,bahkan ada juga mulai dari 13 tahun.
Waaahhh fantastis bukan??

Padahal dalam usia itu masa-masa pertumbuhan sedang berkembang-berkembang nya, dan bila dinilai dari segi fisik maupun mental masa itu adalah masa pencarian kedewasaan yang belum memungkinkan untuk menikah.

Apa yang melatarbelakangi sebagian remaja kita dapat memutuskan untuk menikah di usia muda??
dari hasil kuisioner dan wawancara pribadi, yang melatarbelakanginya hampir 80% adalah akibat hamil diluar nikah yang mau tidak mau mengharusakan adanya pernikahan.20% lainya yaitu keinginan orang tua, perbaikan ekonomi, dan pola fikir yang menganggap masalah percintaanya akan selesai dengan jalan menikah.

Setiap kasus dalam kehidupan pasti menimbulkan dampak bagi kehidupann tersebut juga.Dampak negatif dari pernikahan usia muda menurut fakta antara lain menimbulkan rendahnya kualitas keluarga, terputusnya pendidikan dan menambahnya daftar perceraian.
Namun terselip juga dampak yg positif,misalnya mengurangi perzinahan, seks bebas, dan kenakalan remaja lainya seperti disebutkan dalam buku “Indahnya Pernikahan Dini” karya Muhamad Fauzi Adhim.

Pendapat saya pribadi,saya kurang setuju tentang pernikahan dini.karena dalam masa pertumbuhan yang dalam fase pencarian kedewasaan.jalan fikir, sifat, emosi dan perilaku pasti masih labilsehingga masih belum siap untuk ,membina suatu komitmen rumah tangga yang tanggung jawabnya mempunyai harga mati.
Ketidaksiapan inilah yang mungkin mengakibatkan pernikahan dini hanya berakhir pada perceraian, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya kelanggengan.

Maka dari itu bagi kita kaum muda dan remaja ada baiknya kita benar-benar berfikir panjang sebelum mengambil keputusan untuk menikah di usia muda.Karena pernikahan tidak hanya membutuhkan cinta dan sebuah kata “siap”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar