Jumat, 26 Oktober 2012

Tips Mengatasi ‘homesick’ Bagi Mahasiswa Yang Tinggal Jauh Dari Orang Tua




Keharusan tinggal jauh dari orang tua kadang dialami oleh kamu yang memang kuliah jauh dari kampung halaman. pada saat kamu tinggal di tempat kost atau asrama, biasanya kamu akan mengalami masa masa penyesuaian. karena kamu kehilangan hal yang ‘berbau rumah’ misalnya makan bersama keluarga, privasi, tempat tidur yang luas dan selalu bersih, dan bisa nyantai kapan saja, namun dengan tinggal di tempat baru kamu akan mengalami masa masa penyesuaian yang kadang membuat kamu merasa home sick. lalu bagaimana  cara mengatasinya jika kamu mengalami homesick?

1. Bersedihlah

Bersedih? kenapa harus bersedih? ini perlu kamu lakukan, paling tidak beri waktu luang 1 hari bagi diri kamu untuk betul betul bersedih, biarkan dirimu terlena dalam kesedihan dalam 1 hari tersebut didalam kamar, kalau kamu bisa menangis, maka menangis lah. dengan menangis, secara alamiah mengurangi beban pikiran yang kamu rasakan saat itu.
biasanya setelah menumpahkan rasa sedih selama 1 hari dengan sendirinya kamu akan menemukan jawaban apa yang harus kamu lakukan,

ya.. jawabannya adalah “keluar dari kamar”

2. Keluar dari kamar

Seperti yang diuraikan diatas, kamar memang merupakan tempat yang sangat berpotensi membuat kamu homsick. karena dikamar kamu bisa terhubung dengan mudah dengan orang orang yang kamu tinggalkan, misalnya melalui telpon atau skype sihinga kamu terlena dengan situasi dan lain lain.

Memang sih, kamu tidak dilarang melakukan hal tersebut namun jika hal ini menjadi rutinitas maka akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat sehingga akhirnya kamu semakin rindu sama keluarga… apa lagi sama pacar aduuuuh…

Jika rasa rindu itu sudah mulai terasa membebani mu sebaiknya kamu cepat-cepat keluar dari kamar, kunjungilah tempat umum di kampus, atau cari teman untuk mengerjakan tugas bersama di tempat ramai misal di perpustakaan, atau jika kamu suka dengan kegiatan unit kemahasiswaan, kamu bisa ikut salah satunya misalnya Unit kegiatan kemahasiwaan bola basket dan lain lain.

Yang pasti dengan keluar dari kamar kamu akan berinteraksi dan punya rutinitas baru, hal itu bisa membantu mengurangi homesick yang kamu alami

3. Jadikan kampus adalah rumah kedua

Jika hal diatas sudah kamu lakukan, maka menjadikan kampus sebagai rumah kedua adalah hal yang saaaaangat mudah. rutinitas dikampus, punya teman baru, ikut kegiatan mahasiswa, kadang membuat kamu lupa dan dengan sendirinya waktu kamu lebih banyak dikampus dibanding tempat kost / asrama yang kamu tinggali.

Hal yang paling mudah kamu lakukan diawal untuk menjadikan kampus adalah rumah kedua dengan cara mencari teman baru. dengan bertambahnya teman kamu akan lebih bersosialisasi. dan itu akan berkembang, kamu bisa ikut kegiatan kemahasiswaan seperti organisasi, olahraga, atau mungkin kegiatan yang sifatnya sosial untuk membantu masyarakat (asal bukan DEMO hehe).

Nah pada saat ini terjadi porsi aktifitas kamu akan cendrung lebih besar ke kampus dibanding tempat kost/asrama yang kamu tinggali

4. kamu tidak sendirian

Jangan pernah merasa hanya kamulah satu satunya yang mengalami homesick, hal ini tidak benar, banyak kok yang mengalami hal tersebut. cuman kadang tidak nampak seperti yang kamu lihat. yang penting adalah bersosialisasi, atau bahasa gampangnya berteman lah, coba kamu ajak beberapa teman se kost/asrama untuk nonton bareng DVD, atau acara sepakbola di kost/asrama kamu, biasa nya dengan seperti itu akan membuat kamu semakin akrab.

Pada saat kamu akrab biasanya yang paling umum terjadi adalah ‘curhat’ dan disitulah kamu akan mengetahui bahwa kamu tidak sendirian, ada orang lain juga yang mengalami homesick, nah dengan saling bertukar cerita biasanya kamu akan punya semangat baru!

Ada hal lain juga yang bisa kamu lakukan seperti mengajak teman teman mu menjadi sukarelawan untuk mengunjungi panti asuhan untuk memberikan bantuan, misal dalam bentuk kegiatan bakti sosial dll. biasanya dengan melakukan hal tersebut kamu akan mendapat pemahaman baru jika kamu sangat beruntung dengan masih memiliki keluarga yang lengkap dan sangat beuntung karena kamu masih bisa kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar