Minggu, 14 Oktober 2012

Tertawa Itu Sehat dan Bikin Awet Muda Loh



Ada istilah “Mensana In Corpore Sano” yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, bagimana jika dibalik istilahnya “Corpore Sano In Mensana” yang artinya di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat (Maksa bgt. He5x)
Jiwa yang sehat ditandai dengan perasaan senang. Perasaan senang ini dapat diungkapkan dengan cara tertawa. Mungkin sudah rahasia umum bahwa tertawa itu sehat bagi jiwa dan rohani.
Menurut sebuah studi dari Loma Linda University’s Schools of Allied Health (SAHP) and Medicine, tertawa yang berulang-ulang mempunyai efek yang sama dengan olahraga terhadap tubuh. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa tertawa tidak hanya menguatkan mood positif, tetapi juga menurunkan hormon stres, meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan tekanan darah. Efek ini sama dengan efek aktivitas fisik tingkat sedang.
Selain sehat, tertawa pun menjadi obat awet muda paling ampuh. Pernah dengar perkataan ini ? “Jangan suka marah-marah nanti cepat tua…”. Hal itu memang benar, namun berbanding terbalik dengan efek tertawa. Berikut logika psikologi bahwa tertawa punya efek awet muda :
  1. Mengurangi stress
    Tertawa nampak akan mengurangi tingkat stress tertentu dan menumbuhkan hormon. Hormon stress akan menekan sistem kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah.
  2. Meningkatkan kekebalan
    Tertawa pada dasarnya akan membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan pada tubuh. Anda tidak akan rentan penyakit karenanya.
  3. Melegakan pernafasan
    Tertawa akan meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan.
  4. Mencegah penyakit
    Ada suatu alasan yang dipercayai bahwa tertawa akin membantu mencegah penyakit misalnya, gagal jantung. Marah dan takut adalah dua emosi yang biasa menyebabkan terjadinya serangan jantung
  5. Mengurangi rasa sakit
Tertawa dapat mengurangi rasa sakit karena efeknya dapat melepaskan endorphins yang lebih kuat dibandingkan morfin.
Tertawa itu mudah dan murah, untuk itu mari kita budayakan tertawa. Namun jangan sampai tertawa ga jelas sendirian nanti di kata ga waras. Ha5x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar