Kamis, 18 April 2013

Penyebab Plak Gigi

Plak gigi
Penyebab plak gigi – Menghilangkan plak gigi, Plak gigi adalah bakteri dan kotoran yang kemudian menempel dan hidup di dalam rongga mulut pada gigi Anda. Pada awalnya plak ini berwarna kuning, kemudian jika dibiarkan semakin lama mengeras dan menghitam, hingga seperti batu karang membentuk gugusan karang dan tak dapat dihilangkan hanya dengan sekedar menggosok gigi. Mungkin kita tak pernah menyadari bahwa beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan ternyata membawa efek negatif bagi si gigi. Mari kita lihat apa saja penyebab plak gigi
Penyebab plak gigi:
  • Jarang kontrol ke dokter gigi
Periksakanlah kesehatan gigi anda ke dokter gigi setidaknya 6 – 12 bulan sekali. Walaupun kegiatan sepele, namun sebenarnya memeriksakan diri ke dokter gigi akan memberikan manfaat lebih bagi kita.
  • Tidak menggosok gigi secara teratur
Kemunculan plak merupakan hasil dari kebiasaan buruk Anda menggosok gigi, menggosok gigi tidak akan membantu menghilangkan plak. Namun dengan kegiatan rutin yang dilakukan minimal dua kali sehari tersebut, setidaknya akan mencegah plak  gigi.
  • Jarang berkumur dengan mouthwash
Rasa pedas dan terkadang menyengat membuat plak di sela-sela gigi Anda enggan untuk tinggal. Untuk itu setelah menggosok gigi, sebaiknya Anda berkumur kurang lebih 2-3 menit dengan mouthwash. Selain memiliki nafas segar, semua kotoran yang tak terjangkau oleh bulu sikat gigi akan dikeluarkan dan gigi Anda tetap bersih dan sehat.
  • Terlalu banyak makan coklat dan permen
Terlalu sering menikmati coklat dan permen ini sama halnya dengan memberi makan pada bakteri-bakteri di mulut agar mereka lebih gemuk. Apalagi jika Anda tidak menggosok gigi dan melanjutkan kegiatan Anda dengan tidur, bagaikan mendapatkan pesta, para bakteri akan betah tinggal di dalam mulut Anda
  • Jarang makan buah dan sayuran
Buah dan sayur adalah makanan yang kaya akan vitamin. Namun selain nutrisi yang dikandung oleh mereka, tekstur kasarnya sekaligus menjadi sikat gigi alami yang bisa dimakan dan dinikmati kelezatannya oleh lidah Anda.
Sikatlah gigi anda dua kali sehari agar plak tidak betah menempel di gigi. Semoga artikel tentang kesehatan gigi ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar