Rabu, 05 Desember 2012

TIPS MENGATASI SAKIT KETIKA DATANG BULAN



Kalau annda perempuan pasti mengalami hal yang namanya datang bulan. Nah biasanya menjelang datang bulan kepala menjadi pusing,lemas dan sedikit nyeri di perut bagian bawah dan malas beraktifitas.

Namun tidak semua perempuan mengalami hal yang sama menjelang datang bulan. Ada yang mudah lelah, berat badan bertambah, tumbuh jerawat, dan pinggang terasa gatal. Kalau tanda-tanda tersebut sudah anda alami, artinya anda sedang mengalami premenstruasi atau pra datang bulan.

Hal yang paling mudah untuk di ketahui kalau wanita sedang datang bulan adalah mudah marah,emosi tidak stabil,dan nafsu makannya naik. Nah, trik untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut adalah mengurangi makan yang bersifat gurih dan asin, seperti kentang goreng, kacang-kacangan atau makan yang banyak mengandung bumbu. Terlalu banyak makan garam dapat mempercepat proses pelepasan air dari dalam tubuh, dan dapat mengakibatkan tubuh cepat lemas.


Untuk mengurangi rasa sakit saat anda sedang datang bulan adalah dengan mengkonsumsi banyak serat. Makanan yang banyak mengandung serat di antaranya pisang ( Banyak mengandung Vitamin B6 ) yang dapat mengurangi rasa sakit. Nanas kaya akan vitamin A,B dan C serta mangan. Mineral ini telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi retensi air dan anda akan bebas dari rasa kembung.


Hal yang paling penting untuk mengurangi rasa sakit saat anda sedang datang bulan adalah banyak minum air putih. Jangan minum terlalu banyak gula, kafein,coklat dan es. Minum es tidak baik untuk peredaran darah, karena dapat mengakibatkan pembekuan. Banyak mengkonsumi makanan yang mengandung zat besi di sarankan, karena saat anda datang bulan, anda kehilangan elemen zat besi. Dari mana mendapat makanan yang banyak mengandung zat besi? Anda bisa dapat dari daging sapi, kambing, ayam, ikan, ikan tuna, telur, oatmeal, serta berbagai sayuran berwarna hijau.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dan makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin C. Sumber Vitamin C bisa anda dapat dari jeruk, nenas, mangga,pepaya, strawberry, brokoli, semangka, kembang kol, kubis, dan tomat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar